Aditya Pradana :RAILFANS: Lokomotif

Minggu, 09 September 2012

Lokomotif

Akhirnya bisa nulis blog lagi setelah kemaren keyboard rusak -_- (loh kok curhat?) ya hari ini saya ingin menulis tentang lokomotif. Pasti sudah banyak yang tau kan lokomotif? ya lokomotif adalah bagian dari rangkaian kereta api (bukan EMU atau DMU ya) yang terdapat mesin didalamnya. Biasanya lokomotif ini ada di awal rangkaian yang berguna untuk menarik rangkaian agar bisa berjalan.
Nah, lokomotif ini ada klasifikasinya juga loh.. menurut DISINI klasifikasi lokomotif ada yang berdasarkan Mesin dan Susunan roda. kalo berdasarkan Mesin pasti sudah banyak yang tau. yaitu ada Lokomotif Uap, Lokomotif Diesel Hidraulik, Lokomotif Diesel Elektrik dan Lokomotif Listrik. semua jenis lokomotif(berdasarkan mesinnya) itu pernah dipakai oleh Indonesia. namun untuk Lokomotif Listrik sangat jarang ada 'bangkai' nya. dan hanya tersisa 1 di indonesia, yaitu lokomotif ESS  3201 atau si Bonbon. sedangkan lokomotif diesel elektrik dan diesel hidraulik ada yang masih berdinas dan ada juga yang sudah 'mati' karena beberapa alasan.
klasifikasi Lokomotif berdasarkan susunan rodanya. menurut Wikipedia adalah
  • 1. kode B artinya lokomotif dengan 2 roda penggerak atau Bo-Bo
  • 2. kode C artinya lokomotif dengan 3 roda penggerak atau Co-Co
Misal Lokomotif Diesel Hidraulik C300 dan C301
  • 3. kode BB artinya lokomotif bergandar 2 2 jadi dengan roda penggerakada 4 as roda atau memiliki 8 roda
Misal Lokomotif Diesel Hidraulik : BB300 BB301 BB302 BB303 BB304 BB305 dan  BB306
                             Diesel Elektrik : BB200 BB201 BB202 BB203  dan BB204
  • 4. kode CC artinya lokomotif bergandar 3 3 jadi total penggeraknya ada 6 as roda atau memiliki 12 roda .
Misal Lokomotif Diesel Elektrik : CC200, CC201, CC202, CC203, CC204 dan CC205
5. kode D artinya lokomotif bergandar 4 loko jenis ini biasanya hanya memiliki gandar tunggal sehingga total penggeraknya ada 4 as roda dengan jumlah roda 8.

Sekian dulu postingan saya, semoga bermanfaat..! :D

1 komentar: