Aditya Pradana :RAILFANS: LOKOMOTIF BB304

Senin, 05 November 2012

LOKOMOTIF BB304

Lokomotif BB 304 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam. Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie, di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.
Di Indonesia, lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Tanah Abang (di antaranya BB304 06, BB304 11 - BB304 14, BB304 16, BB304 18 - BB304 19, BB304 22 - BB304 25), dipo lokomotif Cepu, dan di dipo lokomotif Jember (BB304 02, BB304 03, dan BB 304 23R).
Unit yang sudah tidak beroperasi di antaranya: BB30401, BB30405, BB30408, BB30411, BB30414, BB30419, BB30420, BB30422, BB30424, BB30425.
Karena keterbatasan suku cadang dan usia maka KAI melakukan kebijakan repowering yaitu membuang mesin BB304 yang sudah lama dan mencangkokkan mesin baru di BB304, dengan penggantian mesin yang baru maka suku cadang lebih mudah didapatkan selain itu kekuatan BB304 yang sudah diganti mesinnya meningkat, dari 1550 HP menjadi 1800 HP, rencananya di tahun 2012 sejumlah lokomotif BB 304 akan direpowering, mengingat hasil modifikasi tersebut sangat memuaskan

BB304
[[berkas:|300px|BB304]]
Sumber tenaga
Diesel hidraulik

Perusahaan pembuat Fried Krupp (Jerman)
Spesifikasi
Susunan roda AAR B-B
Klasifikasi UIC B' B'
Lebar trak 1.067 mm
Panjang 11.700 mm
Lebar 2.800 mm
Berat lokomotif 48 ton
Motor traksi 1 buah
Kecepatan maksimum 120 km/jam
Keluaran daya 1550 HP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar