Di Indonesia, lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Tanah Abang (di antaranya BB304 06, BB304 11 - BB304 14, BB304 16, BB304 18 - BB304 19, BB304 22 - BB304 25), dipo lokomotif Cepu, dan di dipo lokomotif Jember (BB304 02, BB304 03, dan BB 304 23R).
Unit yang sudah tidak beroperasi di antaranya: BB30401, BB30405, BB30408, BB30411, BB30414, BB30419, BB30420, BB30422, BB30424, BB30425.
Karena keterbatasan suku cadang dan usia maka KAI melakukan kebijakan repowering yaitu membuang mesin BB304 yang sudah lama dan mencangkokkan mesin baru di BB304, dengan penggantian mesin yang baru maka suku cadang lebih mudah didapatkan selain itu kekuatan BB304 yang sudah diganti mesinnya meningkat, dari 1550 HP menjadi 1800 HP, rencananya di tahun 2012 sejumlah lokomotif BB 304 akan direpowering, mengingat hasil modifikasi tersebut sangat memuaskan
BB304 | |
---|---|
[[berkas:|300px|BB304]] | |
Sumber tenaga Diesel hidraulik |
|
Perusahaan pembuat | Fried Krupp (Jerman) |
Spesifikasi | |
Susunan roda AAR | B-B |
Klasifikasi UIC | B' B' |
Lebar trak | 1.067 mm |
Panjang | 11.700 mm |
Lebar | 2.800 mm |
Berat lokomotif | 48 ton |
Motor traksi | 1 buah |
Kecepatan maksimum | 120 km/jam |
Keluaran daya | 1550 HP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar